1. Sistem Komputer
a. Pengertian Sistem
Sistem berasal
dari bahasa Latin
(systema) dan bahasa
Yunani (sustema) adalah suatu
kesatuan yang terdiri
komponen atau eleven
yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi,
materi atau energi. Sistem
juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling berhubungan yang
berada dalam suatu
wilayah serta memiliki
item-item penggerak.
b. Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata komputer semula
dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat
bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu
sendiri.
c. Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer
adalah elemen-elemen yang
terkait untuk menjalankan suatu
aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem
komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat
unak (software), set instruksi
(instruction set), dan perangkat keras hardware). Dengan
demikian komponen tersebut
merupakan elemen yang terlibat
dalam suatu sistem
komputer. Tentu saja
hardware tidak berarti apa-apa jika
tidak ada salah
satu dari dua
lainnya (software dan brainware). Contoh
sederhananya, siapa yang
akan menghidupkan komputer jika
tidak ada manusia.
Atau akan menjalankan
perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem
komputer terbagi 3, yantidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
•
Operating System
•
Application Program
•
Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer
)
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang
dapat kita lihat
dan dapat kita
sentuh secara fisik, seperti
perangkat perangkat masukan,
perangkat pemroses, maupun perangkat
keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup canggih. Dia dapat
bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut
juga dengan instruction
set tadi. Dengan
adanya perintah yang dimengerti
oleh mesin tersebut,
maka perintah tersebut melakukan
berbagai aktifitas kepada
mesin yang dimengerti oleh
mesin tersebut sehingga
mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang
didapatkan olehnya.
• Processing Device (CPU)
CPU
( Central Processing
Unit ) berperanan
untuk memproses arahan, melaksanakan
pengiraan dan menguruskan laluan
informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan
berkomunikasi dengan peranti input
, output dan
storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Dalam
komputer-komputer modern, kedua
unit ini terletak dalam
satu sirkuit terpadu (IC
- Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central
Processing Unit). CPU memiliki fungsi
adalah program-program yang
disimpan dalam memori utama
dengan cara mengambil
instruksi-instruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah.
Pandangan sederhananya adalah operasi
pembacaan instruksi (fetch)
dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). CPU
memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah
alat yang melakukan
semua operasi aritmatika dengan
dasar penjumlahan sehingga
sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari
suatu operasi logika
sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika meliputi
perbandingan dua operand dengan menggunakan
operator logika tertentu, yaitu
sama dengan (=),
tidak sama dengan
(≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari
(>), dan lebih besar atau sama dengan (≥)
ALU juga dapat melakukan pelaksanaan
arimatika (pengurangan, penambahan
dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR,
NOT ), dan
pelaksanaan perbandingan (membandingkan
dua slot dengan kesetaraan).
2.
CU ( Control Unit )
Unit
control, mengatur dan mengendalikan
semua peralatan yang ada
pada sistem komputer,
kapan alat input menerima
data dan kapan
data diolah serta
kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan
instruksi-instruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input ke
memori utama. Mengambil
data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi
ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa
hasil pengolahan data
kembali ke memori utama
lagi untuk disimpan,
dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
Selain itu
CPU juga memiliki
beberapa alat penyimpanan yang
berukuran kecil yang
disebut dengan Register yang
memiliki fungsi Alat
penyimpanan kecil dgn kecepatan
akses cukup tinggi,
yg digunakan untuk menyimpan data
dan instruksi yang
sedang diproses, sementara data
dan instruksi lainnya
yang menunggu giliran untuk
diproses, masih disimpan
di dalam memori utama.
Banyak register dalam
CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk
menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2.
Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat
lokasi dari memori utama yang berisi instruksi
yang sedang diproses. Selama
pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi
alamat dari memori
utama yang berisi instruksi berikutnya.
3.
General Purpose Register
Punya
kegunaan umum yang
berhubungan dengan data yang sedang
diproses. Contoh,
yg digunakan untuk menampung
data disebut operand register, untuk menampung hasil
disebut accumulator.
4.
Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk
menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori
utama ke CPU atau menampung data yg
akan direkam ke
memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5.
Memory Address Register
Digunakan untuk menampung
alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan
diambil atau yg akan diletakkan.
Selain register, beberapa
CPU menggunakan suatu cache
memory yang mempunyai
kecepatan sangat tinggi, agar
kerja CPU lebih
efisien. Tanpa cache memory,
CPU akan menunggu
sampai data/ instruksi diterima
dari memori utama, atau menunggu hasil
pengolahan selesai dikirim
ke memori utama, baru
proses selanjutnya bisa
dilakukan. Padahal proses dari
memori utama lebih
lambat dibanding kecepatan register sehingga
akan banyak waktu terbuang. Dengan
adanya cache memory,
sejumlah blok informasi pada memori utama
dipindahkan ke cache memory
dan selanjutnya CPU
akan selalu berhubungan dengan
cache memory.
• Input and Output Device
I/O
membolehkan komputer mendapatkan
informasi dari dunia luar,
dan menaruh hasil
kerjanya di sana,
dapat berbentuk fisik (hardcopy)
atau non fisik
(softcopy). Ada berbagai macam
alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan
disk drive, ke
yang lebih tidak
biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua
alat masukan biasa
ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke
dalam data yang
bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer
igital. Alat output,
men-decode data ke dalam
informasi yang bisa
dimengerti oleh pemakai komputer.
1. Input Device
Input
Device adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai
alat untuk memasukan
data atau perintah ke dalam
komputer. Alat-alatnya adalah :
•
Keyboard
•
Pointing Device
Mouse
Touch screen
Digitizer Grapich Tablet
•
Scanner
•
Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan
keluaran sebagai hasil pengolahan data.
Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun
berupa suara. Alatnya antara lain
adalah :
•
Monitor
•
Printer
•
Speaker
•
Storage Device
Register CPU
berukuran kecil sehingga
tidak dapat menyimpan semua
informasi, maka CPU
harus dilengkapi dengan alat
penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua
yaitu :
1.
Internal Storage
Adalah media
penyimpanan yang terdapat
didalam komputer yaitu :
•
RAM ( Random Access Memory )
Untuk
menyimpan program yang
kita olah untuk sementara waktu.
Dapat diakses secara
acak ( dapat diisi/ditulis, diambil,
atau dihapus isinya
). Struktur RAM terbagi menjadi
empat bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk
menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk
menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk
menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk
menampung hasil akhir dari
pengolahan data yang
akan ditampilkan ke alat output.
• ROM ( Read Only Memori )
Memori yang
hanya bisa dibaca
dan berguna sebagai penyedia
informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak
bisa mengisi sesuatu ke dalam
ROM, sudah diisi
oleh pabrik pembuatnya. Berupa
sistem operasi yg
terdiri dari program pokok,
seperti program untuk
mengatur penampilan karakter di
layar, pengisian tombol
kunci papan ketik untuk
keperluan kontrol tertentu,
dan bootstrap program. Program
bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer
diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold
booting atau warm
booting. Dimungkinkan untuk merubah
isi ROM, dengan
cara memprogram kembali, yaitu :
1.
PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu
kali.
2.
EPROM (Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus
dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
3.
EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory), dapat dihapus
secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
2.
External Storage
Perangkat keras
untuk melakukan operasi
penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu
:
•
Floppy Disk
•
Hard Disk
•
CD Room
•
DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur
dan dokumentasi program
yang berfungsi menyelesaikan masalah yang
dikehendaki. Merupakan data elektronik
yang disimpan sedemikian
rupa oleh komputer
itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan
dijalankan oleh perintah,
maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh
komputer untuk menjalankan
perintah yang dijalankannya.
•
Operating System
Sistem
operasi atau operating system
ialah Program dasar pada komputer
yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputerPerangkat lunak yang
dihubungkan dengan
pelaksanaan program dan
koordinasi dari aktivitas sistem komputer.
Ada beberapa macam
system operasi diantaranya adalah
:
Linux
Windows
Mac OS
Tugas
sistem operasi termasuk
(tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan
program di atasnya,
koordinasi Input, Output, pemrosesan,
memori, serta penginstalan dan pembuangan software.
Sistem operasi,
menentukan program yang
mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana
(seperti memori atau I/O)
yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada
program lain, seperti
kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis
program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari
semua alat elektronik yang
terhubung.
•
Application Program
Yaitu
program komputer yang
siap digunakan atau disebut
juga program siap
pakai. Program paket
digunakan untuk aplikasi bisnis
secara umum, aplikasi
khusus dibidang industri,
aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau perusahaan dan
aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
Microsoft Word
Microsoft Excel
CorelDraw X4
Dll
•
Language Program
Language Program
atau bahasa pemrograman
adalah bahasa yang digunakan
oleh manusia untuk
berkomunikasi dengan
komputer, karena komputer
memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon
selain menggunakan bahasa Pemrograman, seperti
:Bahasa komputer yang digunakan untuk
menulis instruksi-instruksi program
untuk melakukan suatu pekerjaan
yang dilakukan oleh
programer, seperti :
Visual basic
Turbo pascal
Delphi
3.
Brainware
Brainware adalah
orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang
yang mengoperasikan maka
tidak akan dapat digunakan.
Operasi Sistem Komputer
Secara umum,
sistem komputer terdiri
atas CPU dan
sejumlah device controller yang
terhubung melalui sebuah
bus yang menyediakan
akses ke memori. Umumnya,
setiap device controller
bertanggung jawab atas
sebuah hardware spesisfik. Setiap
device dan CPU
dapat beroperasi secara
konkuren untuk mendapatkan akses
ke memori. Adanya
beberapa hardware ini
dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena itu untuk
mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada
sistem komputer yang
lebih maju, arsitekturnya
lebih kompleks. Untuk meningkatkan
performa, digunakan beberapa
buah bus .
Tiap bus merupakan jalur data antara
beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU
(VGA AGP) dihubungkan
oleh bus utama berkecepatan
tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara
perangkat lain yang lebih lambat
dihubungkan oleh bus
yang berkecepatan lebih
rendah yang terhubung dengan
bus lain yang
lebih cepat sampai
ke bus utama.
Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge . Tanggung jawab
sinkronisasi bus yang
secara tak langsung
juga mempengaruhi
sinkronisasi memori dilakukan
oleh sebuah bus
controller atau dikenal
sebagai bus master
. Bus master
akan mengendalikan aliran
data hingga pada satu waktu, bus
hanya berisi data dari satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master
ini disatukan dalam sebuah chipset. Jika
komputer dinyalakan, yang
dikenal dengan nama
booting, komputer akan menjalankan bootstrap
program yaitu sebuah
program sederhana yang
disimpan dalam ROM yang
berbentuk chip CMOS
(Complementary Metal Oxide Semiconductor) .
Chip CMOS modern
biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory),
yaitu memori non-volatile
(tak terhapus jika power
dimatikan) yang dapat
ditulis dan dihapus
dengan pulsa elektronik. Lalu
bootsrap program ini
lebih dikenal sebagai
BIOS (Basic Input Output System)
.
Bootstrap program
utama, yang biasanya
terletak di Motherboard
akan memeriksa
hardware-hardware utama dan melakukan inisialisasi
terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware . Bootstrap program
utama kemudian akan
mencari dan meload
kernel sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi
sistem operasi.Dari sini program sistem
operasi akan menunggu
kejadian tertentu. Kejadian
ini akan menentukan apa yang akan
dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern
biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt dari
software atau hardware,
sehingga Sistem Operasi
ini disebut Interrupt-driven.
Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal tertentu, sedangkan software mengirim
interrupt dengan cara menjalankan system call
atau juga dikenal dengan
istilah monitor call
. System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap
yaitu interrupt khusus
yang dihasilkan oleh
software karena adanya masalah
atau permintaan terhadap
layanan sistem operasi. Trap
ini juga sering disebut sebagai
exception .
Setiap interrupt
terjadi, sekumpulan kode
yang dikenal sebagai
ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan
diambil. Untuk menentukan tindakan yang
harus dilakukan, dapat
dilakukan dengan dua
cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu
perangkat yang ada untuk menyelidiki
sumber interrupt dan
dengan cara menggunakan
alamat-alamat ISR yang
disimpan dalam array
yang dikenal sebagai
interrupt vector di mana sistem akan memeriksa Interrupt
Vector setiap kali interrupt terjadi. Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan
alamat instruksi yang di- interrupt .
Pada komputer lama,
alamat ini disimpan
di tempat tertentu
yang tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack
bersama-sama dengan informasi state saat itu.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti:
2. Dari Bit ke Informasi
Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti:
- Huruf, misalnya A dan Z
- Digit, seperti 0, 2 dan 9
- Selain huruf maupun digit, seperti tanda + serta & dan bahkan simbol seperti ¶
sangat bermanfaat infonya terimakasih atas infonya
BalasHapusAplikasi Toko Mudah dan Lengkap
Kurang lengakap gx ada sistem bilangan
BalasHapus